Kajian Al-Wujûh Wa An-Nazhâir (Analisis Term Dhalâl dalam Al-Qur’an)
DOI:
https://doi.org/10.59622/jiat.v5i1.112Keywords:
al-Wujûh, an-Nazhâir, Dhalâl, Kragaman Makna, TafsirAbstract
Artikel ini membahas tentang kajian term dhalâl dalam perspektif kajian al- Wuju>h wa an-Naza>ir. Term dhala>l dalam Al-Qur’an memiliki keragaman makna (multi-meaning) yang seringkali mengantarkan mufassir pada salah tafsir. Oleh karenanya, penelitian ini akan menungkapkan bagaimana term ini diinterpretasikan pada masing-masing tempatnya di dalam Al-Qur’an. Penelitian ini bersifat kualitatif. Data-data yang digunakan bersumber dari kajian pustaka (library research), selanjutnya dianalisa dengan teori al-Wuju>h wa an-Nazha>ir. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa dhala>l di dalam Al-Qur’an memuat sepuluh makna kandungan atau wuju>h berbeda, antara lain: dhala>l dengan maknanya sendiri (sesat), al-giwa>yah (kufur atau syirik), al-halak (lenyap, hancur dan binasa), al-khata’ (keliru), al-istizla>l (terjerumus dalam dosa), at-tayh (sesat arah), an-nisya>n (lupa), al-jahl (ketidaktahuan), al-buthla>n (sia-sia) dan asy-syaqa>’ (sengsara). Dhala>l di dalam Al-Qur’an dipandang sebagai setiap hal atau kondisi yang bersifat negatif di mana menyebabkan setiap orang yang terjerumus dalamnya akan mengalami kerugian dan kesengsaraan baik di dunia maupun akhirat.References
Aisyah, F. Fauziah Nurul. (2022). Analisis Semantik Kata Dhalal dan Derivasinya dalam Al-Qur’an
(Skripsi S1). UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
al-Ashfahany, ar-Ragib. (2009). Mufrada>t Alfa>z} al-Qur’a>n. Damaskus: Da>r al-Qalam.
Arifin, Samsul. (2024). Analisis Term Dhala>l dalam Al-Qur’an: Kajian Al-Wuju>h Wa An-Nazha>ir dan Semantik Al-Qur’an (Skripsi S1). STKQ Al-Hikam, Depok.
al-Awwal, Salwa Muhammad. (1998). Al-Wuju>h wa an-Naz}a>ir fi> al-Qur’a>n al-Kari>m. Beirut: Da>r asy- Syuru>q.
Azizah, N. (2023). Implikasi Konsep Al-Wujuh Wa Al-Nadzair Dalam Penafsiran Alquran. Al- Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 8 (1). https://doi.org/10.30868/at.v8i01.4017
al-Baidhawy, Abu Said asy-Syirazi. (2000). Anwa>r at-Tanzi>l wa Asra>r at-Ta’wi>l. Beirut: Da>r ar- Rasyi>d.
al-Bari>dy, Ahmad, & Ad}-D{a>li’, F. Ibrahim. (n.d.). Mausu>’ah al-Wuju>h wa an-Naz}a>ir fi> al-Qur’a>n al-
Kari>m. Da>r at-Tadmuriyyat.
al-Biqa’i, Burhanuddin. (1984). Naz}m ad-Dura>r fi> Tana>sub al-At wa as-Suwar . Kairo: Da>r al-Kita>b al-Isla>my.
Cholik, Adib. M. (2016). Istri dalam Perspektif Mufassir yang Tidak Menikah: Studi Komparasi Tafsir
at-Thabari dan Tafsir Fi> Zhilal al-Qur’an (Thesis). Institut PTIQ, Jakarta.
ad-Da>maga>ny, Husain bin Muhammad. (n.d.). Al-Wuju>h wa an-Naz}a>ir li al-Alfa>z} al-Kita>b al-’Azi>z. Beirut: Da>r al-Kutub al-’Alamiyyah.
Da>wud, M. (2008). Mu’jam al-Faru>q ad-Dila>liyyah fi> al-Qur’a>n al-Kari>m. Kairo: Da>r Garib.
ad-Dimasyqy, Ibn Katsir. (2011). Tafsi>r al-Qur’an al-’Az}i>m. Beirut: Da>r al-Kutub al-’Araby.
al-Halaby, Samin. (1996). ,‘Umdah al-H{uffaz} fi> Tafsi>r Asyraf al-Alfa>z}. Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah.
Ibn al-Jauzi, J. Abdurrahman. (1987). Nuzhah al-A’yun an-Nawa>z}ir fi> ’Ilm al-Wuju>h wa an-Naz}a>ir. Beirut: Ar-Risa>lah.
Ibn Faris, A. (2002). Afra>d Kalima>t al-Qur’a>n al-’Azi>z. Damaskus: Da>r al-Basya>ir.
Ibn Manzhur. (1999). Lisa>n al-’Arab,. Beirut: Da>r Ihya’ at-Tura>s.
Ibn Salam, Y. (2007). At-Tash}a>ri>f: Tafsir al-Qur’a>n Mimma> Isytabahat Asma>uhu wa Tas}arrufat Maa>ni>hi. Amman: Hind Thalby.
Ibn Sulaima>n, Muqa>til. (2011). Al-Wuju>h wa an-Naz}a>ir li al-Alfa>z} al-Qur’a>n al-’Az}i>m. Irak: Maktabah Ar-Rusyd.
Lubab, N., & Dimyati, M. (2017). Urgensi Pendekatan Semantik dalam Tafsir (Studi Pemikiran Toshihiko Izutsu)”, , Vol 11. No 1, 2017, hal.100.
Hermeneutik: Jurnal Ilmu Al-Qur’an
Dan Tafsir, 11(1), 97–108. https://dx.doi.org/10.1234/hermeneutik.v11i1.4504
Al-Mahalli, Jalaluddin., & As-Suyu>thi, Jalaluddin. (n.d.). Tafsi>r al-Qur’a>n al-‘Ad}i>m. Surabaya: Maktabah Imaratullah.
Mahfudz, A. (2023). Tema-Tema Pokok Ilmu Ma’ani Al-Qur’an. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Munawwir, A. W., & Fairuz, M. (2018). Kamus Al-Munawwir lit-Tulab. Surabaya: Pustaka Progressif.
al-Muqaddasi, ‘A. Z. Faidhullah al-Hasani. (2005). Fath ar-Rahman li Tha>lib At al-Qur’a>n. Lebanon: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah.
ar-Rumy, Fahd. (2017). Us}ul at-Tafsi>r wa Mana>hijuhu>. Riyad}: Mahfuz}at.
Saddad, A. (2022). Konsep Dhalal Dalam Al-Qur’an; Analisis Semantik. Jurnal Semiotika-Q: Kajian Ilmu al-Quran dan Tafsir, 2(1), 79–104. https://doi.org/10.19109/jsq.v2i1.11878
Kajian Al-Wuju>h Wa An-Nazha>ir (Analisis Term Dhala>l dalam Al-Qur’an) ...
Sarwat, A. (2019). Al-Wujûh wa an-Nazâ’ir dalam Al-Qur’an: Satu Kata Banyak Makna, Satu Makna Banyak Kata. Jakarta: Rumah Fiqih Publising.
Shihab, M. Quraish. (2015). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an,. Jakarta: Lentera Hati.
Shihab, M. Quraish. (2015). Kaidah Tafsir. Tangerang: Lentera Hati.
as-Suyu>thi, Jalaluddin. (2008). Al-Itqa>n fi> Ulu>m al-Qur’a>n. Beirut: Resalah Publisher.
as-Suyu>thi, Jalaluddin. (2020). Luba>b an-Nuqu>l fi> Asba>b an-Nuzu>l. Beirut: Da>r al-Kutub al-‘Ilmiyah.
ath-Thabary, Ibnu Jarir. (n.d.). Jâmi’ al-Bayân ’an Ta’wili Ayi al-Qur’ân (Vol. 12). Beirut: Da>r Ihya’
at-Tura>s} al-’Araby.
Thohari, Fatimah. B. (2016). ‘?ishah ‘Abd al-Ra?m?n bint al-Sh??i’: Mufasir Wanita Zaman. Dirosat:
Journal of Islamic Studies, 1(1).
Thrad, M. (2009). Al-Mu’jam al-Mufassol fi al-Mutara>difa>t fi> al-Lugat al-‘Arabiyyat,. Beirut: Da>r al-
Kutub al-‘Ilmiyah.
Wahyudi, W. (2019). Al-Wujuh Wa Al-Nazhair Dalam Alquran Perspektif Historis. AL QUDS : Jurnal Studi Alquran dan Hadis, 3 (1), 21. https://doi.org/10.29240/alquds.v3i1.575
az-Zabidy, M. Murtazha al-Husainy. (1997). Ta>j al-‘Aru>s Min Jawa>hir al-Qa>mus (Vol. 36). Kuwait: at-Turas al-‘Araby.
az-Zarkasyi, Burhanuddin. (2006). Al-Burha>n fi> ’Ulu>m al-Qur’a>n. Lebanon: Da>r al-Kutub al- ’Aalamiyyah.
az-Zuhaili, Wahbah. (2013). Tafsir Al-Munir. Jakarta: Gema Insani.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hikami : Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.