Pengaruh Madzhab Teologi terhadap Analisis I’rab (Studi Komparatif Tafsir Al-Kasysyaf dan Tafsir Mafatih Al-Ghaib)

Authors

  • Ali Mahfudz Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.59622/jiat.v4i2.102

Abstract

Penelitian ini menganalisis dampak perbedaan madzhab teologi dalam penerapan i’rab Al-Qur’an yang dibatasi pada interpretasi ayat-ayat perbuatan manusia dengan sumber primer Tafsir al-Kasysyaf karya az-Zamakhsyari dan Tafsir Mafatih al-Ghaib karya Fakhruddin ar-Razi. Melalui metode tafsir muqaran (komparatif) al-Kumi dan analisis Teori Kesadaran Keterpengaruhan Sejarah yang disampaikan oleh Gadamer, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana perbedaan dalam penerapan i’rab Al-Qur’an serta implikasinya dalam konsep perbuatan manusia yang tercermin dalam pandangan Mu’tazilah dan Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Fokus kajian ini adalah untuk memahami bagaimana afiliasi madzhab teologi mempengaruhi cara i’rab Al-Qur’an yang diterapkan ke dalam penafsiran ayat-ayat perbuatan manusia. Dengan menganalisis ayat dalam Q.S. as-Shaffat/37: 96 dan al-Qashash/28: 68, penelitian ini mengidentifikasi variasi interpretatif dalam i’rab antara Tafsir al-Kasysyaf yang mewakili pandangan Mu’tazilah dan Tafsir Mafatih al-Ghaib yang mewakili pandangan Ahlus Sunnah wal Jama’ah. Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan i’rab Al-Qur’an tidak hanya didasarkan pada analisis gramatikal semata, tetapi juga dipengaruhi oleh afiliasi madzhab teologi yang mendasari pandangan masing-masing tafsir.

Kata Kunci: I’rab Al-Qur’an, al-Kasysyaf, Mafatih al-Ghaib, Perbuatan Manusia.

References

Abu Ishaq, I. (1988). Ma’ani Al-Qur’an wa I’rabuhu. ’Alam al-Kutub.

Abu Zahrah, M. (1963). Tarikh al-Madzahib al-Islamiyah. Dar al-Fikr al-’Arabi.

Adz-Dzahabi, M. H. (2005). At-Tafsir wa al-Mufassirun. Dar al-Hadits.

Al-’Akbari, A. (1997). At-Tibyan fi I’rab Al-Qur’an. Dar al-Fikr.

Al-’Isawi, Y. (2007). ’Ilmu I’rab Al-Qur’an: Ta’shil wa Bayan. Dar as-Shumai’i.

Al-Alwani, T. J. (2010). Fakhr al-Din al-Razi wa Mushannafatuhu. Dar as-Salam.

Al-Anbari, A. (2017). Asrar al-’Arabiyyah. Al-Majma’ al-’Ilmi al-’Arabi.

Al-Asy’ari, A. al-H. (n.d.). Al-Ibanah ’an Ushul ad-Diyanah. Dar Ibni Zaidun.

Al-Asy’ari, A. al-H. (1955). Kitab al-Luma’ fi ar-Raddi “ala Ahli az-Zaighi wa al-Bida.†Mathba’ah Mishriyah.

Al-Baghawi, A.-H. (1409). Ma’alim at-Tanzil. Dar Thaibah.

Al-Bishri, I. (1968). Qishash al-Anbiya’. Dar at-Ta’lif.

Al-Khazin. (2004). Lubab at-Ta’wil fi Ma’ani at-Tanzil. Dar al-Kutub al-’Ilmiyah.

Al-Qaththan, M. (2000). Mabahits fi ’Ulum Al-Qur’an. Maktabh al-Ma’arif.

Al-Qurthubi, M. (2006). Al-Jami’ li Ahkam Al-Qur’an. Mu’assasah ar-Risalah.

An-Nasafi, A. (n.d.). Madarik at-Tanzil wa Haqa’iq at-Ta’wil. Maktabah Nizar.

Ar-Razi, F. (1981). Mafatih al-Ghaib. Dar al-Fikr.

As-Syahrastani, M. bin A. K. (1992). Al-Milal wa an-Nihal. Dar al-Kutub al-’Ilmiyah.

Asy-syukriyyah, J., & Rohman, A. (2022). Jurnal Asy-Syukriyyah. 23, 54–74.

Az-Zamakhsyari, M. (1998). Al-Kasysyaf. Maktabah al-’Abikan.

Az-Zarkasyi, B. (2006). Al-Burhan fi ’Ulum Al-Qur’an. Dar al-Hadits.

Basrowi, S. (2008). Memahami Penelitian Kualitatif. Rineka Cipta.

Darmansyah, A. (2022). Rangkaian Wujud Ad-Dakhil Dalam Tafsir Az-Zamakhsyari. AL-WASITHOH: Jurnal Ilmu Agama Islam, 47, 1–11. https://journal.staiicdemak.ac.id/index.php/alwasithoh/article/view/22

Elhut, M., & Yusuf Kaya, B. (2022). مقارنة بين الزّجّاج والنّحّاس ÙÙŠ كتابيهما إعراب القرآن. İlahiyat Akademi, 15(15), 187–216. https://doi.org/10.52886/ilak.1093349

Fajar, A. (2020). Tafsir al- Qur ’ Än Corak Sastrawi dan Teologis ( Study kritis Tafsir al- KasysyÄf Karya al-Zamakhsyari pada ayat-ayat muḥkam - mutasyÄbih ). 1(1), 36–63.

Farhat, A. H. (1997). Makki bin Abi Thalib wa Tafsir Al-Qur’an. Dar ’Imar.

Fatih, M. (n.d.). Konsep Keserasian Al- Qur’an Dalam Tafsir Perspektif Ilmu Munasabah.

Fayyed, A. W. (1973). Manhaj Ibni ‘Athiyyah fi Tafsir Al-Qur’an al-Karim. Al-Hai’ah al-Ammah li Syu’un at-Thabi’ al-Amiriyah.

Firdaus. (2018). Studi Kritis Tafsir Mafatih al-Ghaib. 3(20), 52–61.

Hammadi, K. (2012). Manhaj al-Imam Fakhruddin ar-Razi Baina al-Asya’irah wa al-Mu’tazilah. Dar an-Nawadir.

Hariyadi, M., Muhammad, A., & Pendahuluan, A. (2022). Rekonstruksi Tafsir Muqaran Ulama. 6(01), 1–17.

Hasan, A. (n.d.). An-Nahwu al-Wafi. Dar al-Ma’arif.

Ibnu Katsir, I. (n.d.). Tafsir al-Qur’an al-’Adzim. Mu’assasah Qurthubah.

Lubis, Y. M. (n.d.). Telaah Kitab Tafsir Al-Kasysyaf Karya Al-Zamakhsary) Interpretation of Human Works (Studying the Book of Tafsir Al-Kasysyaf by Al-Zamakhsary). Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 24–45.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis. SAGE Publications.

Napis Dj. (2021). Linguistik dengan I’rab Al-Qur’ an dan Posisi Bahasa Arab dalam Memahami Al-Qur’ an. Al-Mutsla, 1(1), 1–17. https://doi.org/10.46870/jstain.v1i1.6

Nawawi, A. (2022). Pengaruh Marji’ Dhamir Terhadap Penentuan Hukum. Pappasang, 4(2), 73–86. https://doi.org/10.46870/jiat.v4i2.269

Rahmat, A., & Akbar, F. H. (2021). Kajian Analitik dan Epistemik Terhadap Corak Lughawi dan Kecenderungan I’tizali Tafsir Al-Kasysyaf. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 1(1), 1–13.

Ridho, A. R. (2019). Analisis Kajian Morfologi az-Zamakhsyari Dalam Tafsir al-Kasysyaf. El-Umdah, 2(1), 16–37.

Setiawan, T., & Romdoni, M. P. (2022). Analisis Manhaj Khusus Dalam Tafsir Mafatih al-Ghaib Karya ar-Razi. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2, 49–60.

Shahridzan, S., & Mohamed, S. (2022). The Differences in I’rab in The Quranic Verses on Their Effect on Meaning: The Verses of Ahkam as a Model. 71–109.

Syamsuddin, S. (2017). Hermeneutika dan Pengembangan Ulumul Qur’an. Pesantren Nawasea Press.

Syaripudin, A., Rochmad, D., & Ali, H. (2021). Pengaruh Pemahaman Bahasa Arab Terhadap Istinbat Hukum Fikih. 7(2), 178–196. https://doi.org/10.36701/nukhbah.v7i2.411.Ahmad

Yeken, O., & Kudat, A. (2020). Multiple Recitation and Irab Forms and Influence on the Fiqh Provisions (The Example of Surah Nisa, 43rd Verse). Malaysian Palm Oil Council (MPOC), 21(1), 1–9. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/JKM/article/view/2203%0Ahttp://mpoc.org.my/malaysian-palm-oil-industry/

Yenti, E., Firdaus, B., Rahmiati, R., & Al fikri, M. A. (2022). Pengaruh Kaidah Nahwu dalam Istinbath Hukum. Jurnal Kajian Dan Pengembangan Umat, 5(2), 178–192. https://doi.org/10.31869/jkpu.v5i2.3725

Yusuf, M. (2017). Metode Penelotian: Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Grup.

Zaqzuq, M. H. (2007). Mausu’ah al-Firaq wa al-Madzahib fi al-’Alam al-Islami. Al-Majlis al-A’la li as-Syu’un al-Islamiyah.

Zulfiah. (2021). Nahwu Science and its Effect Againts The Legal of Istinbat of Islamic Jurisprudence. 7(1), 38–57.

Downloads

Published

2023-12-28

Issue

Section

Articles