NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL PERSPEKTIF AL-QUR’AN

Subur Wijaya, Idris Hisbullah Huzen

Abstract


Penelitian ini berjudul “Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Perspektif Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui lebih jauh mengenai nilai-nilai multikultural yang terkandung di dalam alQur’an untuk kemudian dikaitkan atau dikorelasikan dengan konsep pendidikan multikultural.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan Library Research (penelitian kepustakaan) dan menggunakan metode deskriptif-analisis (Descriptive-analytis) yaitu dengan mendeskripsikan kemudian menganalisis ayat-ayat Al-Qur’an terkait nilai-nilai pendidikan multikultural. Sumber data berupa sumber-sumber tertulis berupa kitab-kitab tafsir, buku-buku, artikel, jurnal, makalah, karya tulis dan sumber-sumber otoritatif lainnya yang relevan dengan tema.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat banyak sekali nilai-nilai multikultural di dalam al-Quran yang sesuai dan sejalan yang dapat di aplikasikan dalam pendidikan multikultural. Semua nilai itu terfokus pada tiga nilai yang menjadi nilai inti (core value) pada pendidikan multikultual. Nilai keadilan, nilai toleransi dan nilai kebangsaan apabila mampu di aplikasikan dengan baik oleh masyarakat multikultur seperti bangsa Indonesia, dapat menumbuhkan kesadaran dan rasa saling menghargai atas perbedaan dan keberagaman ras, suku, budaya, etnis dan agama sehingga mampu mereduksi timbulnya konflik yang disebabkan oleh berbagai macam perbedaan.  


Keywords


Pendidikan, Multikultural, Al-Qur’an

Full Text:

PDF

References


Wahid, Abdul. 2009. “Multikulturalisme dalam pendidikan Agama Islamâ€, Kumpulan tulisan dalam Truna Dody, ed.. Pendidikan Agama Islam dalam perspektif Multikulturalisme. Jakarta: Badan Litbang Agama Jakarta.

Ali, Abdullah. “Studi Deskriptif Tentang Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Modern Islam Assalaam,†Jurnal Ilmiah Pesantren, Vol I, No 1, (Januari-Juni 2015).

Hidayatullah, Ahmad. “Implementasi Pendidikan Multikultural dalam Praktis Pendidikan di Indonesia, Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi Vol. 1:1, (Sleman, Juni 2012).

Hadi, Ahmad Sofyan. â€Problem Multikulturalisme Dalam Pendidikan Agama Islam, Jurnal A-Ta’dib, Vol. 9:2 (Ponorogo, Desember 2014).

Dawam, Ainurrofiq. Pendidikan Multikultural. Yogyakarta: INSPEAL.

Basuni, Akhmad. Aktualisasi Pemikiran Pluralisme KH Abdurrahman Wahid; Studi Program Pendidikan Pluralisme The Wahid Institute.

Maksum, Ali. 2011. Pluralisme dan Multikulturalisme Paradigma Baru Pendidikan Agama Islam di Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing.

Kemenag RI. 2010. Tafsir al-Quran tematik, Hukum, Keadilan, dan Hak Asasi Manusia. Jakarta: Lajnah Pentashihan Mushaf al-Quran.

Maslikhah. 2007. Quo Vadis Pendidikan Multikultur: Rekonstruksi System Pendidikan Berbasis Kebangsaan. Surabaya: JP Books.

Ismail, Muhammad. â€Kritik Atas Pendidikan Toleransi Perspektif Multikulturalismeâ€, Jurnal At-Ta’dib, Vol. 7:2 (Ponorogo, Desember 2012).

Naim, Ngainun. Pendidikan Multikultural; Konsep dan Aplikasi.

Shihab, Quraish.2010. Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.

Shihab, Quraish.2007.Tafsir al-Misbah; Pesan, Kesan, dan Keserasian al-Quran, vol. 12.

Shihab, Quraish.2007.Wawasan al-Quran; Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Rahim, Rahmawaty. “Signifikansi Pendidikan Multikultural Terhadap Kelompok Minoritas, Jurnal Analisis, Vol. 12:1, (Palembang, Juni 2012).

Rusli. “Multikulturalisme dalam Wacana Al-Quranâ€, Hunafa: Jurnal Studia Islamika, Vol. 9:1, (Palu, Juni 2012).

Ibrahim, Rustam. â€Pendidikan Multikultural, Pengertian, Prinsip, dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Islam, Jurnal ADDIN.

Sujarwa. Ilmu Sosial & Budaya Dasar, Manusia dan Fenomena Sosial Budaya.

Az-Zuhaili, Wahbah. 1991. al-Tafsir al-Munir Fi al-Aqidah Wa as-Syari’ah Wal Manhaj. vol. vi. Beirut: Dar Al-Fikr Al-Mu’asir.




DOI: https://doi.org/10.59622/jiat.v2i1.42

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2022 Hikami - Jurnal Ilmu Alquran dan Tafsir

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ayu89

slot88