ANALISIS AYAT-AYAT ANJURAN NIKAH DALAM TAFSIR AL JAMI LI AHKAM AL QUR’AN KARYA IMAM AL- QURTUBI
DOI:
https://doi.org/10.59622/jiat.v1i2.15Keywords:
Nikah, Al-Qurtubi, Jami li AhkamAbstract
Pernikahan merupakan sala satu fitrah kemanusiaan (‘garizah insaniyah) naluri kemanusiaan, karena itu islam menganjurkan menikah. Bila garizah tidak dipenuhi dengan jalan yang sah yaitu pernikahan, maka ia mencari jalan-jalan syetan yang banyak menjerumuskan ke lembah hitam. Islam telah menjadikan ikatan pernikahan yang sah berdasarkan al-Qur’an dan as-Sunah sebagai satu-satunya sarana untuk memenuhi tuntunan naluri manusia yang asasi serta sarana untuk membina keluarga yang islami.
Skripsi ini ditunjukan untuk mengadakan kajian yang lebih mendalam terhadap makna yang terkandung di balik teks ayat al-Qur’an tentang anjuran menikah, sehingga dapat diketahui dengan jelas apakah suatu ayat al-Qur’an akan di maknai dengan tekstuala atau kontekstual. Adapun pembahasan ayat al-Qur’an tentang anjuran menikah ini secara rinci terumus pertanyaan berikut: Bagaimana pemahaman dan pemaknaan al- Qurtub> tentang ayat-ayat anjuran menikah
Setelah dianalisa, metode yang digunakn Abu Abdilah Muhamad al-Qurtubi dalam menafsirkan ayat  al-Qur’an  beliau menggunakan metode Ijmali dan Muqaran, serta menggunakan pendekatan fiqih (bilmatsur) bi al-Ra’yi sekaligus.References
Abdurahman al-Jaziri, al-Fiqh ‘ala Madzahib al-Arba’ah, Beirut: Dar al-Fikr, 1986, Jilid IV Al-Imam Taqi al-Din Abi Bakr bin Muhammad al-Husaini al-Dimasyqi Al-Syafi’i, Kifayah al-Akhhyar fi Halli Ghayat al-Iktishar, Semarang. Badrudin Muhamad bin Abdilah az-Zarkasyi, Al-Burhan fi ulum Al- Qur’an, Dar al-Hadis: Kairo, 2006/ Hujair A. H. Sanaky, Metode Tafsir (Perkembangan Metode Tafsir Mengikuti Warna Atau Corak Mufasirin), jurnal al-Mawarid Edisi XVIII, 2008 Imran H, M. A. (2008). Corak tafsir Ayat Ahkam al-Qurtubi.Tanggerang: UIN Syarif Hidayatullah. Mazhahiri, A. H. (2004). Membangun Surga Dalam Rumah Tangga. Bogor: Cahaya. Metode Tafsir Mengikuti Warna Atau Corak Mufasirin. Jurnal al-Mawarid Edisi XVIII. Muhamad Husain Ad-Dahabi. (2000). al-Tafsir wa al-Mufasiruun. kairo: Maktabah Wahbah. Mukhtar, K. (1974). Asas-Asas Hukum Islam Tentang Perkawinan. Jakarta: Bulan Bintang. Munawwir, A. W. (1547). Kamus Arab Indonesia Terlengkap.Surabaya: Pustaka Progressif. Qurthubi, S. A. (2008). Al Jami' li Ahkam Al Qur'an. Jakarta: Pustaka Azam. Qurtubi, S. I. (2008). Tafsir Al Qurtubi. Jakarta: Pustaka Azam. RI, K. (2010). Al-Qur’an dan Tafsirnya . Jakarta: Kemenag RI. Shihab, M. Q. ( 2005). Kesan dan keserasian al Qur’an. Jakarta: Lentera Hati. Shihab, M. Q. ( 2007). Kalung Permata Buat Anak-Anaku . Jakarta: Lentera hati. Shihab, M. Q. ( 2015). Pengantin al-Qur’an. Tanggerang: Penerbit Lentera Hati . Shihab, M. Q. (2003). Wawasan Al Qur'an. Jakarta: Lentera Hati. Shihab, M. Q. (2007). Membumikan Al Qur'an. Jakarta: Lentera Hati. Sudarsono. ( 1997). Hukum Keluarga Nasional. Jakarta: Rineka cipta. Suryaadilaga, M. d. (2003). Membina Keluarga Mawadah Warahmah Dalam Bingkai Sunah Nabi. Yogyakarta: PSW IAIN Sunan Kalijaga. Syaltut, M. (1966). Al-Islam Aqidah wa Syar’iah. Kairo: Dar al-Qalam. Zahra, A. (2004). Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah. Arabi: Dar: al Fikr al. Zaid, H. l. (2003). Kritik Teks keagamaan . Yogyakarta: eLSAQ press.